Jumat, 26 April 2013


Asal Usul Sejarah Hamburger


Berikut ini merupakan asal usul sejarah Hamburger:

1. Kata " Ham" pada Hamburger tidak berasal dari daging ham, melainkan berasal dari nama kota Hamburg di negara Jerman. Di kota Hamburg inilah katanya , bagian daging pada hamburger berasal. lalu, hamburger ini dibawa oleh para migran ke benua Amerika. Di benua Amerika , makanan Hamburger ini kemudian menjadi makanan yang disukai oleh penduduknya.

2. Apa itu Hamburger?
 Hamburger yaitu roti yang bentuknya bulat , yang dipotong menjadi 2 bagian, lalu bagian tengahnya ditaruh olahan daging cincang, sayur selada, tomat, bawang bombay, saus mayones, saus tomat serta mustard.

3. Kata "Hamburger" bisa diartikan yaitu " Makanan dari kota Hamburg." Namun, saat ini orang lebih suka menyebutnya sebagai " Burger".

4. Daging pada burger sebelum diketahui oleh bangsa Eropa, sudah dikenal oleh bangsa Tartar, di Asia Tengah. 
Bangsa Tar Tar ini sering mengadakan perjalanan yang panjang , serta mempunyai kebiasaan menaruh daging di bawah sadel pada kuda supaya tidak menjadi keras. Setelah disimpan, ternyata daging itu masih dalam keadaan yang bagus serta tidak berubah menjadi keras. Daging tersebut kemudian dimakan dengan perasan air jeruk. 

Dari Asia Tengah, , kemudian makanan daging tersebut dibawa ke benua Eropa, dimana santapan daging tersebut kemudian mengalami perkembangan dalam proses  yakni dengan cara digoreng maupun dibakar. Sajian daging tersebut kemudian semakin disukai oleh banyak orang, yang kemudian dikenal sebagai "Hamburger Steak."

5. Berikut ini merupakan beberapa versi sejarah terciptanya Burger di benua Amerika, yaitu:

a. Versi pertama, burger ditemukan oleh Frank serta Charles Menchesdari negara Ohio, Amerika Serikat. Awalnya kedua orang ini selalu berjualan sandwich. Tetapi, pada suatu ketika, mereka kekurangan sosis, sehingga kemudian mereka menggantikan sosis dengan menggunakan daging sapi cincang sebagai isian untuk rotinya. Makanan yang ditemukan dengan tidak sengaja itulah menjadi disukai banyak orang yang kemudian menjadi Burger.

b. Versi kedua, menurut Komunitas Sejarah Seymour, burger ditemukan oleh Charlie Nagreen di daerah Wisconsin. Pada mulanya, ia menjajakan sandwitch yang dikasih bakso didalamnya. Tetapi karena makanan yang dijajakannya tersebut menjadi tidak laku, ia kemudian tidak kehilangan ide dengan melakukan pemipihan pada bakso serta menaruhnya diantara irisan roti. Tak disangka, 'temuan' nya itu digemari oleh banyak orang, sehingga lahirnya makanan burger.

c. Versi ketiga, menurut catatan Perpustakaan Kongres Amerika Serikat serta Pemerintah negara Connecticut, hamburger pertama kali dijajakan pada tahun 1895 oleh seseorang yang bernama Saat Louis Lassen. Awalnya, jajanan tersebut belum mempunyai nama . Kemudian datanglah pelaut - pelaut dari kota Hamburg, negara Jerman yang mampir ke restoran Louis Lassen dan menamakan jajanan tersebut dengan nama "Hamburger".

Saat ini, makanan burger bisa divariasikan dengan isian keju, ikan serta lobster atau cumi-cumi , bahkan kini burger vegetarian semakin terkenal menggantikan penggunaan daging pada hamburger.

1 komentar: